Jumat, 05 September 2008

Kesan dari Opening Ceremony OLIMPIADE 2008 - Beijing

Kesan dari Opening Ceremony OLIMPIADE 2008 - Beijing

Sebagian besar Media Cetak maupun Online diseluruh dunia Hari ini, Sabtu 9 Agustus 2008 pada Headline-nya menyoroti Drama Megah yang tersaji di "Bird Nest", Stadion Olimpiade 2008 Beijing yang bentuknya menyerupai Sarang Burung.

Olimpiade ke-29 di abad Modern yang dibuka oleh Presiden Hu Jin Tao pada Hari Jum'at (malam) tanggal 8 Agustus 2008 pukul 8 lewat 8 menit yang direncanakan secara matang namun penuh misteri tersebut didominasi angka 8.

Angka serba delapan tersebut merupakan angka keberuntungan bagi masyarakat China karena dianggap bisa membawa berkah dan kesejahteraan.

Upacara pembukaan diliputi misteri karena hingga detik-detik akhir, hanya beberapa orang yang tahu siapa yang akan mendapat kehormatan menyulut obor di kualdron.

Sebagian besar yang hadir didalam stadion juga tak tahu dimanakah posisi kualdron berada...( dan ternyata letaknya ada diatap sarang burung tersebut!!! )

Api kualdron Olimpiade musim panas ke 29 yang diselenggarakan di Beijing yang akan menyala sampai 24 Agustus mendatang, dinyalakan oleh Li Ning, pesenam putra China yang 24 tahun lampau pernah meraih empat emas pada Olimpiade Los Angeles 1984.

Puluhan ribu pasang mata di dalam stadion dan jutaan lainnya yang menyaksikan melalui siaran langsung televisi di seantero penjuru Bumi, dibuat tersentak oleh kejutan demi kejutan yang disajikan dalam pertunjukan spektakuler itu.

Memang opening ceremony Olimpiade Beijing penuh misteri, karena panitia memang menutup rapat-rapat rincian atraksi, sehingga tidak ada yang bisa menebak atraksi apa yang akan disuguhkan berikutnya.Dan para penari serta semua yang terlibat dalam acara pembukaan ini sudah disumpah oleh pihak berwenang di China untuk tidak membocorkan hal-hal yang berhubungan dengan rincian acara, baik urutan atraksi dan sebagainya, bahkan juga saat gladi bersih sehari sebelumnya.

Saya juga terpana dan bertanya-tanya ketika Li Ning yang menjadi pembawa obor terakhir, tiba-tiba melayang ke udara dan menampilkan gerakan berlari menuju kualdron yang berada di atas atap stadion.

Rangkaian upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas di Beijing tersebut secara keseluruhan berlangsung selama tiga setengah jam. Rangkaian acara dan atraksi digarap sutradara Zhang Yimou, diawali dengan letupan kembang api warna-warni yang menghiasi angkasa diatas stadion Sarang Burung, membentuk gambar bunga merah yang sedang mekar, menandakan kekayaan sejarah China.

Kembang api yang membentuk jejak kaki raksasa tersebut, dilepaskan dari 29 titik yang diterjemahkankan sebagai penyelenggaraan Olimpiade ke-29.

Sebanyak 2008 pemusik menabuh drum kuno China (Fous) menyambut atlet dan para tamu yang datang dari seluruh dunia.

Suasana di stadion semakin meriah ketika ditampilkan pertunjukan yang memperlihatkan kekayaan sejarah China.

Jika menyaksikan Upacara Pembukaan tersebut, pahamlah kita akan keahlian bangsa China dalam membuat kertas dan tulisan kaligrafi, Tembok Besar, wayang dan kemajuan teknologi luar angkasa.

Tak kalah memukau adalah penampilan pemain piano terkenal, Lang Lang.

Saya teringat saat beberapa tahun lalu datang ke Zhen-zhen, China dan diajak nonton pertunjukan tari disebuah gedung pertunjukan......
Awalnya saya ogah nonton, terutama karena teman-teman dari Indonesia juga lebih memilih untuk diantar ke pasar atau pusat oleh-oleh, apalagi kalau bukan untuk belanja oleh-oleh!

Ternyata ketika dipaksa nonton pertunjukan, karena sang pengantar keukeuh gak mau mengantar ke pasar, saya terpana dan ingin nonton lagi! Pertunjukan tari yang disajikan luar biasa spektakuler!!!
Kita seakan bukan nonton pertunjukan LIVE, karena seakan-akan justru NONTON BIOSKOP!!!
Efek Lighting, Koreografi, setting panggung, dan segala sesuatunya bikin saya seakan berada di negeri di awan. Salut buat China!!

Gak salah ada pepatah CARILAH ILMU WALAU KE NEGERI CHINA. ( www.aghniya.co.cc )

Tidak ada komentar: